7 Cairan Alami untuk Penderita Demam Berdarah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com7 Cairan Alami untuk Penderita Demam Berdarah, Pada umumnya banyak orang yang menggunakan jambu biji untuk menangkal bahaya DBD, bahkan banyak orang yang mengakui telah selamat dari penyakit DBD karena mengkonsumsi jus jambu biji.  Meskipun begitu, penyebab tertolongnya penderita DBD karena mengkonsumsi jus jambu, tidak hanya disebabkan oleh nutrisi dalam jambunya tetapi ditambah adanya cairan jus yang dikonsumsi dengan jumlah yang banyak. Ini dikarenakan penderita DBD kehilangan banyak plasma darah yang diakibatkan oleh turunnya trombosit didalam tubuh. Oleh karena itu, Cairan sangat dibutuhkan oleh seseorang yang mengalami DBD, karena umumnya pasien kekurangan banyak cairan.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, berbagai cairan seperti air putih biasa, jus buah, dan larutan gula, dapat membantu pasien demam berdarah dalam proses penyembuhannya. Selain itu, ada juga yang memberikan cairan produk kaleng yang mengaandung elektrolit yang bisa juga diminum oleh pasien.

7 Cairan Alami untuk Penderita Demam Berdarah

7 Cairan Alami untuk Penderita Demam Berdarah

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa jenis cairan yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pasien demam berdarah, simak uraian lengkapnya !

1.) Air Kelapa Muda
Air Kelapa (baca: Manfaat Air Kelapa) merupakan cairan yang diketahui dapat menghilangkan dahaga dan memiliki kandungan elektrolit alami yang tinggi. Menurut situs resmi FAO menyabutkan bahwa air kelapa muda merupakan bahan alami, dan kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh selain itu memiliki rasa yang lezat.

Dalam air kelapa terdapat kandungan kalium, klorida, magnesium dan juga sodium. Berbagai zat ini sangat bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi kondisi apabila seseorang kekurangan cairan. Selain itu, air kelapa memiliki kandungan gula, protein dan berbagai vitamin lainnya, diantaranya vitamin B dan vitamin C. Kandungan berbagai zat yang ada dalam air kelapa ini hampir sempurna dan diketahui memiliki keseimbangan yang hampir sama dengan cairan yang ada pada tubuh manusia.

2.) Air Heksagonal
Teknologi bernama actimo baru-baru ini berhasil dipatenkan oleh Korea. Teknologi ini membuat air hidup yang memiliki kandungan oksigen dijual di berbagai belahan dunia. Menurut mereka, didalam tubuh manusia memiliki dua jenis senyawa air, yakni pentagonal (baca: segilima) dan heksagonal (baca: segienam).

Pengobatan cara tradisional dari Cina biasanya menganjurkan meminum air hidup. Air hidup yang dimaksud tidak pernah diungkap secara jelas, namun di Korea, orang yang selalu rutin minum dari sumber air seperti air terjun dan pegunungan kesehataanya tetap terjaga, demikian diungkapkan oleh Yunjo Chung, MD, yang merupakan dokter dari University of Korea. Air hidup yang dimaksud mungkin merujuk pada air yang memiliki tingkat kandungan oksigen yang tinggi seperti ari terjun. Air pentagonal dan heksagonal beda berdasarkan strukturnya saja, untuk air heksagonal tidak memiliki rasa dan bau.

3.) Jus Buah
Air jus juga bisa membantu pasien demam berdarah yang kekurangan cairan. Biasanya meminum jus jambu biju, namun tidak harus selalu menggunakan jambu biji. Jus dengan bahan lainnya juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, misalnya jus jeruk, jus pepaya, jus mangga, dan jus lainnya asalkan pasien suka dengan jus tersebut” kata Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K) M.Tro.Pad, yang merupakan seorang dokter spesialis anak.

Kandungan air yang ada didalam buah cukup tinggi, dengan variasi diantara 65 – 92 persen, yang bisa berguna untuk memenuhi kekurangan cairan yang terjadi pada tubuh akibat dari merembesnya plaska darah keluar dari pembuluh. Jus juga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh karena memiliki bentuk cair dan halus. Dengan mengkonsumsi jus, maka nutrisi tinggi yang ada pada jus akan lebih cepat diserap oleh tubuh.

4.) Jambu Biji
Banyak yang percaya bahwa jambu biji dapat membantu pasien demam berdarah. Meskipun manfaat sebenarnya belum teruji secara medis, namun jus jambu biji bisa dikonsumsi oleh pasien demam berdarah. Ini dikarenakan jus jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C ini terdapat didalam daging buahnya, selain itu kandungan vitamin C lainnya terdapat pada bijinya. Bahkan enurut buku Foods that Heal, Foods that Harm, kebutuhan vitamin C orang dewasa terpenuhi lebih dari cukup dari 90 gram buah jambu biji. Selain itu, meskipun sudah melalui pada tahap pengolahan, seperti produk jus jambu biji dalam kemasan kotak masih terkandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh, sehingga dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi ini, sistem kekebalan tubuh dapat meningkat untuk bisa melawan bakteri. Jambu biji juga merupakan sumber potasium yang baik bagi tubuh sehingga membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih baik. Selain itu dalam penyembuhan luka juga semakin cepat.

Manfaat jambu biji akan maksimal jika memiliki jambu biji yang baru saja matang dan memiliki warna hijau kekuningan. Anda bisa menyimpan di lemari es jika sudah masak, namun jangan lupa untuk mencuci buah jambu tersebut sebelum dikonsumsi atau dibuat jus.

5.) Alang-alang
Alang-alang merupakan tanaman yang memiliki nama latin Imperata cylinderia (L) Beauv merupakan tanaman yang sudah sering dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian yang telah dilakukan tentang tanaman ini menyebutkan beberapa kandungan yang memiliki sifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan) dan juga dapat menghilangkan dahaga.

Menurut pengobatan tradisional Cina, sifat alang-alang yaitu manis dan sejuk. Memiliki sifat diuretik yang dapat melancarkan ketika buang air kecil, selain itu radang ginjal akut juga dipercaya dapat disembuhkan dengan menggunakan alang-alang. Namun, karena sifat alang-alang yang menyusup pada berbagai organ, diantaranya paru-paru, lambung dan usus kecil, alang-alang tidak direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki lambung yang lemah dan sering buang air kecil. Biasanya yang digunakan dari alang-alang adalah rimpang, yang sudah dikeringkan ataupun yang masih segar. Sekarang ini alang-alang dapat dengan mudah ditemukan ditoko obat Cina, bahkan dimanfaatkan untuk menghilagkan panas dalam.

Jika Anda ingin menggunakan alang-alang, Anda bisa menggunakan satu gulung atau satu ikat bagian akar dari alang-alang. Kemudian dicuci hingga bersih dan rebus dengan takaran 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas air. Lalu gunakan 3 sendok air alang-alang tersebut dengan 1 buah jeruk nipis. Jika digunakan untuk anak-anak Anda bisa menambahkan sedikit pemanis.

6.) Angkung
Angkung dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, radang selaput otak, radang otak, kejang, penyakit hati dan juga kekurangan cairan. Dalam hal ini, kekurangan cairan biasanya dialami oleh pasien demam berdarah. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun harga angkung lumayan mahal. Harga 1pil angkung saja bisa mencapai Rp250rb, Anda bisa menemukannya di toko obat Cina.

Namun, Anda harus hati-hati karena dipasaran telah banyak beredar angkung palsu. Pil angkung memiliki tampilan hampir mirip seperti jenang atau dodol, memiliki tekstur yang lentur namun mudah dipatahkan. Selain itu ciri lainnya yaitu apabila diseduh menggunakan air panas akan mudah sekali larut. Ciri keaslian dari pil angkung ini dapat ditemukan dari tempelan hologram pada bagian luar kemasan produsennya.

Selain itu meskipun mengkonsumsi angkung, manfaatnya tidak akan langsung terasa oleh tubuh. Menurut Sinse Johanes yang biasa praktik di Kalibesar Timur, Jakarta Barat menyebutkan bahwa “Angkung akan terasa manfaatnya dalam mengatasi penyakit berat setelah dikonsumsi secara teratur setiap harinya enam sampai delapan butir pil”

7.) Daun Dewa
Tanaman daun dewa memiliki bentuk semak, yang digunakan sebagai obat adalah bagian Daun nya. Tanaman dewa ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti dari angkung. Daun dewa memiliki banyak kandungan kimiawi yang bermanfaat diantaranya flavonoid, minyak asiri, saponin dan tanin. Dengan adanya kandungan dari zat-zat tersebut tanaman daun dewa memiliki manfaat sebagai anticoagulant (mencairkan bekuan darah), menghilangkan panas, membersihkan racun, dan menghentikan pendarahan.

Toko obat cina biasanya memiliki tumbuhan daun dewa ini, selain itu dibandingkan dengan angkung, harga daun dewa lebih murah.

Diatas merupakan 7 Cairan Alami untuk Penderita DBD, karena pasien DBD seringkali kehilangan cairan maka dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh pasien tersebut sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan pasien dapat sehat kembali.

Baca juga : Makanan dan Minuman bagi Penderita Penyakit Demam Berdarah

Selain harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, pasien DBD juga harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah-buahan. Hindari makanan yang kurang sehat dan beristirahatlah dengan cukup agar tubuh bisa cepat sehat kembali. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Mari mulai peduli dengan kesehatan dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat.


Lihat Juga :
Updated :