5 Nutrisi Makanan ini Baik untuk Pencegah Hipertensi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 5 Nutrisi Makanan ini Baik untuk Pencegah Hipertensi, Makanan merupakan salahsatu faktor penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh dan makanan tentu dikonsumsi setiap hari oleh setiap orang. Makanan yang setiap hari dikonsumsi memiliki berbagai macam nutrisi yang terkandung didalamnya. Maka dari itu mengontrol makanan yang akan dikonsumsi tentu saja merupakan hal yang wajib dilakukan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik sehingga tubuh tetap sehat.

Berbagai macam makanan dikonsumsi oleh setiap orang, dan kebanyakan dari mereka tidak memperhatikan nutrisi yang terkandung dari makanan yang mereka konsumsi tersebut sehingga apabila mengkonsumsi makanan tidak terkontrol maka asupan berbagai kandungan makanan yang kurang baik bagi tubuh juga tak akan terkontrol yang menyebabkan banyak orang terkena berbagai penyakit, seperti penyakit tekanan darah tinggi, Jantung, Diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

5 Nutrisi ini Baik untuk Pencegah Hipertensi

Gambar Ilustrasi

5 Nutrisi Makanan ini Baik untuk Pencegah Hipertensi

Pengetahuan tentang asupan nutrisi yang baik bagi tubuh tentu saja wajib diketahui bagi yang ingin melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit yang mungkin saja menyerang tubuh, seperti yang akan HarianSehat bagikan informasinya dibawah ini, yaitu informasi tentang nutrisi yang dapat mencegah dari hipertensi yang dilansir dari situs healt me up.

1.) Kalium
Kalium merupakan salahsatu nutrisi yang dapat dengan mudah ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan dan juga sayuran misalnya jeruk, pisang, bayam, kentang, tomat. Kalium jika dikonsumsi secara teratur bermanfaat untuk menurunkan dan juga mengontrol tekanan darah, hal ini didukung oleh banyak penerlitian yang telah dilakukan.

2.) Kalsium
Kandungan kalsium dapat Anda temukan pada almond, biji wijen, sayuran berdaun hijau, susu rendah lemak, tahu dan yoghurt. Kalsium dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi sebagai kontraksi dan juga relaksasi otot-otot pada bagian jantung, sehingga kalsium menjadi salahsatu nutrisi yang penting bagi tubuh untuk memerangi hipertensi.

Lainnya :

3.) Serat
Asupan Serat dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan, makanan yang bisa meningkatkan asupan serat diantaranya buah, kacang-kacangan, sayuran dan sereal. Dengan mengkonsumsi serat sekitar tujuh gram serat setiap harinya bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah sistolik atau tekanan ketika jantung berdenyut atau berdetak sebanyak 5 poin.

4.) Omega-3
Gandum, Ikan, kedelai, kenari dan minyak bastard merupakan sumber baik omega-3. Manfaat dari omega-3 ini yakni sebagai pengencer darah yang terlalu kental, mengurangi kolesterol dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Disamping itu omega-3 dapat mengurangi dari resiko stroke dan juga serangan jantung.

5.) Magnesium
Sumber magnesium pada makanan bisa Anda temukan pada bayam, biji-bijian, kacang-kacangan, roti gandum dan juga tahu. Magnesium memiliki kegunaan bagi tubuh salahsatunya mampu membuat arteri menjadi lebih rileks. Dari penelitian yang dilakukan dalam waktu empat tahun dengan total 30.000 pria menjadi objeknya, menunjukan orang yang mengkonsumsi magnesium dalam menu diet mempunyai tekanan darah lebih rendah apabila dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Diatas merupakan 5 nutrisi dari makanan untuk mencegah hipertensi. Segera kontrol asupan makanan Anda untuk melindungi tubuh dari resiko berbagai penyakit. Dengan mengontrol makanan yang Anda konsumsi maka tak hanya resiko tekanan darah tinggi yang dapat dihindari tetapi berbagai penyakit berbahaya lainnya juga dapat dihindari.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Hipertensi

Konsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan merupakan pilihan makanan terbaik dibandingkan dengan makanan-makanan cepat saji yang biasanya sudah dicampur dengan berbagai jenis bahan kimia yang dapat merugikan tubuh dalam jangka panjang.

5 Nutrisi Makanan ini Baik sebagai Pencegah Hipertensi

Mari mulai membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya. Memilih makanan sehat, mengontol asupan makanan, berolahraga hingga menjaga lingkungan agar tetap bersahabat dengan manusia. Sekian semoga artikel 5 nutrisi dari makanan untuk mencegah hipertensi ini bermanfaat.. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :