12 Makanan Enak ini Dapat Mengatasi Sulit Tidur

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 12 Makanan Enak yang dapat mengatasi Sulit Tidur, Banyak orang yang sulit tidur disebabkan keadaan tertentu seperti banyak pikiran atau bahkan yang biasa disebut dengan insomnia. Tentu saja insomnia ini janganlah dianggap remeh, karena insomnia bisa berefek negatif bagi kesehatan bahkan mengantuk merupakan faktor yang sangat berbahaya bagi yang mengendarai kendaraan karena bisa berisiko terjadinya kecelakaan.

Apabila Anda mengalami insomnia sebaiknya Anda tidak langsung minum obat karena Anda bisa menggunakan berbagai macam cara alami yang lainnya, apabila Anda mengalami sulit tidur, Anda bisa mencoba mengkonsumsi berbagai jenis makanan, seperti mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak.

12 Makanan Enak yang dapat atasi Sulit Tidur

Makanan agar tidur lebih cepat nyenyak

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar kualitas tidur Anda bisa lebih baik dan Anda bisa terhindar dari insomnia, seperti yang dikutip dari berbagai sumber. Simak uraian lengkapnya dibawah ini.

1. Jus Ceri
Sebuah penelitian menemukan bahwa jus ceri ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang dan dapat meningkatkan waktu tidur pada orang dewasa yang mengalami insomnia. Dengan mengkonsumsi jus ceri orang dewasa bisa mendapatkan tambahan durasi waktu tidur hingga 84 menit setiap malamnya setelah mengkonsumsi jus ceri. Kandungan jus ceri diantaranya melantonin, asam amino, dan hormon tidur yang bisa mendorong perasaan kantuk pada seseorang.

2. Buah Kiwi
Penelitian yang dilakukan di Taiwan menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur dapt meningkatkan kualitas tidur ydan dapat menambah jam tidur hingga satu jam lebih lama. Selain itu,, partisipan yang mengkonsumsi buah kiwi juga akan lebih cepat terlelap jika dibandingkan dengan partisipan yang tidak makan buah ceri.

3. Rumput Laut
Penelitian yang dilakukan di University of Oxford menunjukan bahwa anak-anak yang mengkoonsumsi rumput laut kualitas tidurnya menjadi meningkat lebih baik jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak makan rumput laut. Selain itu gangguan tidur pada anak-anak tersebut pun lebih kecil. Ini karena rumput laut mengandung DHA dan Omega-3 dan kandungan dalam makanan lainnya.

4. Walnut
Walnut merupakan salahsatu sumber dari melantonin yakni salahsatu hormon yang dapat membantu seseorang menjadi lebih cepat tidur. Menurut penelitian yang dilakukan dari University of Texas mendapti bahwa dengn mengkonsumsi seganggam walnut sebelum tidur bisa meningkatkan tidur menjadi lebih baik dan berkualitas selain itu juga bisa membuat tubuh menjadi cepat terlelap.

5. Almond
Ada ahli yang mengatakan bahwa jika tubuh kekurangan magnesium dapat menjadikan penyebab seseorang menjadi sulit tidur. Almond merupakan salahsatu makanan yang memiliki kandungan magnesium yang cukup baik bagi tubuh dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur dari seseorang. Selain dari almond makanan lainnya yang memiliki kandungan magnesium misalnya biji labu, cokelat gelap dan daun-daun yang memiliki warna yang hijau.

6. Teh Chamomile
Salahsatu minuman yang memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran adalah Teh Chamomile. Oleh sebab itu, jika sebelum tidur seseorang biasa mengkonsumsi teh chamomile dapat membuat orang tersebut cepat untuk terlelap dalam tidurnya dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga menjadi lebih baik.

7. Selada
Kandungan lactucarium pada selada yang digunakan sebagai salad bisa memberikan pengaruh yang dapat menenangkan. Menurut Stealth Health yakni sebuah buku yang masih berhubungan dengan kesehatan memberikan alternatif bila ingin mengkonsumsi selada salahsatunya dengan membuatnya menjadi minuman. Caranya dengan mendidihkan sekitar 3-4 daun selda besar dalam secangkir air dalam waktu sekitar 1/4 jam. Kemudian angkat dan Anda bisa menambahkan dua tangkai daun mint kemudian Anda bisa mengkonsumsi kehangatnnya sebelum Anda berniat untuk tidur.

8. Cokelat
Cokelat merupakan salahsatu makanan yang banyak berguna bagi kesehatan. Diantara salahsatu khasiatnya yaitu bisa membuat seseorang tidur dengan nyenyak pada malam hari. Menurut Ahli Gizi yang berasal dari Institute of Transformational nutrition ,meyebutkan bahwa cokelat memiliki kandungan hormon serotonin yang bisa membantu tubuh dan pikirian hingga menjadi lebih rileks.

9. Kale
Kale merupakan salahsatu sayuran yang mirip dengan kubis dan berdaun hijau ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh dan juga untuk orang yang sedang melakukan program diet. Selain itu, masalah tidur juga dapat diatasi dengan kale ini,  karena didalam kale terdapat kandungan kalsium. Ditambah lagi daun kale juga dapat mendorong otak untuk bisa menghasilkan asam amino esential yang memiliki nama triptofan sehingga bisa menghasilkan hormon melantonin dan serotonin.

10. Madu
Kandungan kadar gula yang alami pada madu dapat meningkatkan hormon insulin dan juga dapat membantu triptofan, yang merupakan sejenis aasam amino esential yang bisa meghasilkan perasaan ngantuk. Anda bisa menambahkan madu dalam segelas teh hangat yang bisa Anda minum sebelum Anda tidur.

11. Pisang
Menurut salahsatu pengajar dari Devenport University di Michigan yakni Dr. Saundra Dalton-Smith mengatakan bahwa pisang adalah sumber makanan yang memiliki kandungan magnesium dan juga potasium yang baik bagi kesehatan. Selain itu juga, bisa membantu untuk membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih kendur. Anda bisa mencoba mengkonsumsi pisang ini dengan variasi, misalnya Anda bisa mencoba mencampurkan antara secangkir susu dengan pisang yang dicampur dalam juicer kemudian Anda bisa mengkonsumsinya sebelum Anda tidur.

12. Ikan
Kandungan minyak pada daging ikan jika dikonsumsi bisa membantu tubuh menghasilkan hormon melantonin, misalnya saja ikan tuna dan ikan salmon. Selain dari pada itu, ikan juga mengandung vitamin B6 yang baik bagi kesehatan tubuh dan membuat Anda merasakan kantuk lebih cepat.

Diatas merupakan 12 Makanan yang dapat mengatasi sulit tidur, dengan adanya informasi ini semoga bisa membuat istirahat atau tidur Anda menjadi lebih berkualitas dan bisa mengatasi insomnia yang Anda alami.

Selain itu, cara lainnya juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi insomnia seperti menggunakan tips dan cara-cara alami yang pernah Harian Sehat tulis sebelumnya.

Baca juga : Manfaat Tidur Malam Cukup

Bagaimanapun juga untuk menjaga agar tidur Anda tetap berkualitas Anda harus menghindari faktor-faktor yang menyebabkan masalah seperti begadang dan kurang jam tidurnya. Jangan lupa untuk terus membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan rutin berolahraga setiap harinya agar tubuh tetap dalam keadaan yang sehat. jaga selalu kesehatan Anda, dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :