11 Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com11 Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Kolesterol apabila dalam kondisi yang seimbang bukanlah sebuah masalah, namun apabila seseorang memiliki kolesterol yang tinggi dalam darahnya, maka resiko terkena berbagai penyakit seperti penyakit jantung dapat meningkat. Maka dari itu langkah pencegahan dan mulai membiasakan gaya hidup sehat haruslah dibiasakan sebelum terlambat.

Kolesterol tinggi merupakan masalah yang disebabkan pola makan yang tidak sehat, seperti banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak dan juga gula. Oleh sebab itu menjaga pola makan sehat merupakan hal yang wajib jika Anda ingin terhindar dari masalah kolesterol ini.

Beberapa makanan yang harus dibatasi konsumsinya oleh orang-orang yang tidak ingin mengalami masalah kolesterol, diantaranya berbagai produk olahan misal, biskuit, cake dan makanan lainnya yang memiliki lemak yang tinggi. Selain membatasi makanan tinggi lemak, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi.

11 Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa makanan yang baik untuk menjaga keseimbangan kolesterol dan baik juga untuk kesehatan jantung yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Oatmeal
Kandungan serat larut yang ada pada oatmeal mampu membantu dalam menurunkan LDL didalam darah. (LDL adalah kolesterol jahat). Ketika berada dalam tubuh, serat larut dari oatmeal akan bekerja dengan bile acid kemudian asam yang berada pada sistem pencernaan akan mengeluarkannya. Nah, daripada mengkonsumsi bubur ayam untuk sarapan dipagi hari, Anda bisa menggantinya dengan menu bubur oatmeal yang kelezatannya tak kalah dengan bubur ayam.

2.) Apel
Anda bisa mengkonsumsi apel sebagai salahsatu makanan sehat yang dapat dibuat camilan. Apel yang dikonsumsi, dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Kandungan pectin pada apel merupakan jenis serat yang larut dan dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Apel bisa dikonsumsi dengan kulitnya karena pada bagian antara kulit apel dan dagingnya terdapat zat polifenol, zat ini sejenis antioksidan yang dapat membantu dalam melindungi sel-sel yang berada dalam tubuh dari adanya perubahan dan juga radikal bebas yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

3.) Salmon
Mackerel, salmon dan sarden merupakan beberapa jenis makanan sehat yang mengandung asam lemak omega-3 dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kolesterol baik pada tubuh, dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap sehat. Dengan mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan minyak sehat seperti omega-3, 2 sampai 3 kali dalam seminggu dapat membantu dalam menurunkan kolesterol. Jenis asam lemak yang dikonsumsi ini bisa mengurangi lemak-lemak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti trigliserida dan juga resiko detak jantung tidak teratur dapat diturunkan dengan mengkonsumsi asam lemak sehat ini.

4.) Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki jenis yang beragam, diantaranya buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang panjang. Dalam jenis kacang-kacangan tersebut terdapat serat larut. Selain itu kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang sehat, lemak yang rendah dan juga masih banyak nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan ini dengan mencampurnya kedalam sup atau bisa juga kukusan. Dengan mengkonsumsi jenis kacang-kacangan keinginan untuk makan dapat terkontrol karena makanan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika seperti itu, maka berat badan Anda juga dapat diturunkan.

Lainnya :

5.) Almond
Almond atau kacang almond merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan phytosterol dan juga kandungan lemak tak jenuh yang tinggi pada kacang almond bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat dan juga dapat menyehatkan jantung. Selama kacang almond tidak dilapisi dengan garam atau gula almond baik untuk dikonsumsi. Namun, karena kalori yang ada dalam almond cukup tinggi, Anda sebaiknya membatasi konsumsi almond setiap harinya.

6.) Terong
Kestabilan kolesterol dalam darah juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi terong. Terong selain sehat memiliki rasa yang lezat dan dapat dibuat menjadi berbagai macam masakan. Kandungan nutrisi yang ada pada terong diantaranya serat larut, antioksidan, vitamin dan mineral penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mengolah terong dengan cara dikukus, dipanggang atau bisa juga sebagai bahan tambahan dalam membuat tumisan atau pasta.

7.) Gandum
Sarapan pagi Anda juga bisa dengan mengkonsumsi gandum, dengan mengganti sarapan pagi menjadi gandum kolesterol dalam tubuh terjaga dengan baik. Dalam 6 minggu kolesterol dapat diturunkan sekitar 5,3% dengan mengkonsumsi 2 porsi gandum. Kandungan beta-glucan pada gandum dapat menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

8.) Teh
Kandungan anti-oksidan dan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi membuat teh (baca: manfaat teh hijau) mampu menjaga kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Diketahui bahwa dalam secangkir kopi yang memiliki 8 ons kopi memiliki kandungan 135 mg kafein, namun pada teh hanya terdapat 30mg-40mg dalam setiap secangkirnya.

9.) Cokelat
Kadar kolesterol dapat dikurangi juga dengan mengkonsumsi cokelat hitam. Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol yang diterbitkan di tahun 2010 pada Journal of Hepatology, “Kandungan anti-oksidan yang ada pada dark chocolate dapat mengurangi dari kerusakan yang terjadi pada bagian pembuluh darah yang kemudian dapat mengancam kondisi kesehatan seseorang dengan sirosis. Dark chocolate bisa membantu dalam mencegah pembuluh darah pada hati pecah”. Menurut ahli medis menuturkan bahwa dengan mengunyah sebanyak 100grm cokelat setiap harinya mampu mengurangi resiko terjadinya kardiovaskular sekitar 21%.

10.) Bayam
Bayam merupakan makanan yang identik dengan Popeye, karena dipercaya dapat menambah kekuatan. Ternyata dalam bayam terkandung setidaknya 13 senyawa flavonoid yang dapat menjauhkan seseorang dari berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung atau bahkan osteoporosis.

11.) Minyak Zaitun
Minyak zaitun (baca: manfaat minyak zaitun) telah diketahui sejak dahulu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang ada pada minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, tanpa menurunkan kolesterol baik yang ada pada tubuh.

Diatas merupakan Makanan Ampuh Mampu Turunkan Kolesterol Tinggi, dengan adanya informasi beberapa makanan sehat diatas semoga bisa memberikan pengatahuan baru bahwa sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupkan berbagai makanan yang sehat agar tubuh mampu bertahan dari berbagai serangan penyakit dan tetap bugar sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas harian Anda.

Meskipun begitu, kenyataannya kebanyakan orang masih menganggap enteng masalah kolesterol ini, padahal kolesterol dapat berfek pada masalah-masalah kesehatan lainnya seperti penyakit kardiovaskular yang bisa memicu munculnya stroke dan juga serangan jantung. American Heart Association juga menyebutkan bahwa “Seseorang bisa mengurangi kolesterol dalam darahnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat”. Maka dari itu, ditekankan lagi bahwa mengkonsumsi makanan sehat sangat penting untuk membantu kelangsungan fungsi berbagai organ dalam tubuh.

Baca juga : Gejala Kolesterol Tinggi

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 11 Makanan Ampuh Mampu Turunkan Kolesterol Tinggi, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kesehatan Anda. Baca juga artikel kesehatan lainnya yang bermanfaat sebagai informasi kesehatan Anda. Jaga selalu kesehatan Anda, dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :