10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComCara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Menjaga kondisi mata merupakan salahsatu hal yang sangat penting dilakukan agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Sekarang ini banyak ditemukan berbagai kasus tentang organ mata yang bermasalah, hal ini dikarenakan kurangnya perhatian akan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Seperti yang kita ketahui bahwa mata merupakan organ yang sangat penting. Kesehatan mata yang kurang baik akan mengakibatkan fungsi mata menjadi kurang maksimal sehingga seseorang bisa kurang berkonsentrasi, mengalami kait kepala dan masalah penglihatan. Apabila terus dibiarkan secara terus-menerus hal ini akan membuat keadaan mata menjadi lebih buruk.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Gambar Ilustrasi

 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan mata yang dikutip dari berbagai sumber diantaranya Times of India dan beberapa sumber lainnya :

1. Diet seimbang
Agar mata selalu sehat, Anda bisa melakukan program diet untuk menurunkan berat badan dengan banyak mengkonsumsi berbagai makanan bergizi misalnya buah dan sayuran. Anda bisa memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin A, C dan E yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain daripada itu, ikan salmon juga baik untuk kesehatan mata.

2. Biasakan Hidup Sehat
Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya hindari rokok, serta makanan dan minuman rendah gizi lainnya. Banyak ahli yang menyatkan bahwa rokok dapat memicu katarak dan degenerasi makula atau hilangnya ketajaman dalam penglihatan serta kerusakan syaraf pada bagian mata.

3. Rutin Memeriksa Kesehatan Mata
Selain keadaan tubuh yang harus selalu diperiksa, organ mata juga sangat penting untuk diperhatikan. Kesehatan mata yang kurang baik akan berpengaruh pada berbagai aktivitas salahsatunya mungkin akan berpengaruh pada pekerjaan yang Anda lakukan. maka dari itu, sebaiknya periksakan mata secara rutin agar kesehatan mata Anda tetap terpantau dengan baik.

4. Senam Mata
Senam mata bisa dilakukan dengan membuka kedua mata Anda dan memutar bola mata keatas, bawah, kiri dan ke kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahatan. Cara seperti ini bisa diulangi beberapa kali ketika Anda sedang bersantai. Senam mata dapat melindungi dari dampak mata stres yang diakibatkan oleh radiasi sinar matahari atau penggunaan komputer.

5. Mengetahui Sejarah Keluarga
Penyakit mata bisa semakin beresiko apabila keluarga ada yang memiliki masalah juga dengan matanya. Maka dari itu, mengetahui sejarah kesehatan mata dalam keluarga juga sangat penting. Dengan mengetahui sejarah mata Anda bisa melakukan pencegahan karena penyakit mata turunan ini dengan cara mengkonsultasikannya langsung dengan dokter ahlinya.

6. Menggunkan Pelindung Mata
Kacamata juga dapat digunakan untuk melindungi kondisi mata dari sinar matahari dan juga debu ketika beraktivitas dan berolahraga lainnya. Bahkan sekarang ini sudah banyak kacamata yang dibuat khusus untuk olahraga tertentu agar cedera mata bisa dicegah. Maka dari itu, mulai sekarang hindari penggunaan sunglasses jika hanya digunakan untuk gaya saja.

7. Istirahat dengan Cukup
Tidak berbeda halnya dengan tubuh, organ mata juga perlu beristirahat dengan cukup. Hindari menonton televisi dalam janga waktu yang terlalu lama, atau menggunakan komputer terlalu lama apabila sedang tidak bekerja. Dengan melakukan hal tersebut setidaknya Anda bisa membuat mata tidak terlalu kelelahan serta bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk tidur dengan cukup pula, karena dibutuhkan minimal 5 jam untuk memulihkan kinerja mata.

8. Membuat Ruang Kerja Senyaman Mungkin
Sebisa mungkin buatlah kerja dengan konsisi yang nyaman sehingga mata tetap rileks. Misalnya buatlah Anda duduk dalam posisi senyaman mungkin dan hindari duduk didepan pendingin ruangan, karena hal ini biasa membuat mata menjadi cenderung cepat kering.

9. Pijat
Sebeleum Anda terlelap tidur, pijatlah bagian kelopak mata dan otot-otot pada bagian mata dengan cara yang lembut menggunakan jari selama 1-2 menit. Hal ini akan membuat sirkulasi darah menuju mata sehingga mata mnejadi lebih rileks.

10. Atur Pencahayaan Komputer
Bagi Anda yang setiap harinya sering berkutat dengan komputer sebaiknya pencahayaan dan kontras komputer diatur dengan tepat. Hal ini untuk menghindari ketegangan mata sehingga mata menjadi lebih nyaman ketika berkeja dengan komputer.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Diatas merupakan beberapa cara menjaga kesehatan mata khususnya diera teknologi seperti sekarang ini. Penggunaan berbagai gadget dan komputer menjadikan setiap orang harus sadar akan kesehatan matanya yang bisa saja terancam berbagai masalah yang mungkin tidak kita sadari.

Selain menjaga kesehatan mata dengan menghindari berbagai faktor penyebabnya, mata Anda juga harus didukung dengan asupan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh mata dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman sehat setiap harinya. Sekian informasi kesehatan kali ini, semoga bisa bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :